Beragam Produk Aneka Olahan Pisang

Aneka Olahan Pisang
Pisang merupakan jenis tumbuhan yang digolongkan ke dalam famili Musaceae dari ordo Scitaminae. Pohon pisang mudah tumbuh terutama di wilayah beriklim tropis. Sehingga tidak heran jika kemudian dengan mudahnya kita mendapati pohon pisang di Indonesia. Bahkan tak jarang pula kita menjumpai masyarakat yang masih menanam pisang di pekarangan rumah mereka. Buah pisang dengan rasa yang khas terbilang populer dikonsusmsi. Jika didasarkan pada pola konsumsi masyarakat, pisang sendiri dibagi ke dalam dua golongan yakni Pisang Meja atau Dessert Banana dan Plantain/Cooking Banana atau pisang olah. Jenis yang pertama yakni Pisang Meja, adalah jenis pisang yang bisa dikonsumsi langsung setelah matang. Sedangkan jenis kedua, adalah pisang yang terlebih dahulu harus diolah sebelum dikonsumsi. Jenis kedua inilah yang kemudian menghasilkan aneka olahan pisang.

Dari Pisang Goreng Ke Kolak Pisang

Sulit untuk merinci jenis-jenis olahan pisang sebab masing-masing daerah tentu memiliki kreatifitas tersendiri dalam mengolah buah tersebut. Tetapi, secara umum, tentu kita semua mengenal kuliner bernama pisang goreng. Jenis olahan yang satu ini berbahan utama pisang yang diolah dengan cara digoreng langsung atau dengan membalurinya dengan terigu terlebih dahulu. Pisang goreng termasuk olahan pisang yang paling sederhana selain pisang rebus tentunya. Jenis olahan pisang lainnya adalah kolak pisang. Kuliner yang satu ini cukup digemari terlebih saat bulan Ramadhan bagi umat muslim tiba. Bahan utamanya pisang dan dimasak dengan air gula aren yang legit. 

Dari Keripik Sampai Saus Pisang

Industri rumahan saat ini banyak yang membidik produksi keripik pisang sebab produk yang satu ini paling laris dijadikan oleh-oleh. Keripik pisang bernahan baku pisang muda yang diiris setipis mungkin agar renyah. Untuk menambah rasa, para produsen juga menambahkan bumbu tertentu. Selain keripik, pisang juga telah disulap menjadi tepung yang banyak digunakan sebagai bahan kue. Aneka olahan pisang lainnya adalah pisang molen, pisang ijo khas Makassar, pisang Epe Makassar, Pisang caramel, Pisang Goreng Keju, Roti pisang, kerupuk bonggol pisang, gehtuk pisang, dodol pisang, selai pisang dan bahkan saos pisang.

Aneka Olahan lainnya

Masih banyak aneka olahan pisang lainnya yang tak bisa dirinci satu per satu sebab bergantung pada kreatifitas seseorang. Untuk skala internasional, kuliner semacam Ice Cream Banana, Banana Chocolato, Bananan Cheese Cake dan masih banyak lagi lainnya cukup digemari bahkan di Indonesia. Namun, sesungguhnya tak hanya bagian buah pisang saja yang bisa diolah. Bagian seperti jantung pisang, kulit pisang bahkan juga batang pisang bisa dijadikan kuliner nikmat menggoda.  Untuk jantung pisang dan batang pisang, sering dijadikan bahan sayur dan dendeng. Sedangkan kulit pisang populer dijadikan keripik yang nikmat. Tertarik membuat? Silahkan berkreasi di dapur Anda ya.