Beragam Manfaat Pisang Mas

manfaat pisang mas
Hampir semua orang mengetahui bahwa buah pisang tak hanya nikmat tetapi juga sehat. Pisang dibagi lagi ke dalam tiga golongan yakni pisang serat, pisang hias dan pisang buah. Pisang buah adalah golongan pisang yang bisa dikonsumsi. Ada beragam jenis pisang buah. Di Indonesia sendiri, terdapat 230 jenis pisang buah, salah satunya adalah pisang mas atau pisang emas. Selain manis dan legis, ternyata manfaat pisang mas juga banyak!

Pisang mas atau emas (di daerah tertentu disebut pisang muli), memiliki ukuran kecil dengan diameter 3 sampai 4 sentimeter. Pisang mas berkulit tipis dan warna kulitnya kuning terang. Rasa dagingnya sangat manis dan memiliki aroma khas. Pisang mas sangat populer sebagai pencuci mulut sebab ukurannya pas dan tidak memenuhi perut setelah makan. Tapi tahukah Anda bahwa selain nikmat, ternyata manfaat pisang mas juga beragam! Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil dari pisang mas :
  • Sebagai Sumber Energi Yang Baik
Sama seperti pisang lainnya, pisang mas sering dimanfaatkan sebagai sumber energi yang baik sebab mengandung kalori yang cepat diserap tubuh. Mengenai manfaatnya sebagai sumber gizi, sejak jaman dahulu kala, pisang mas diketahui sudah menjadi makanan pokok bangsa Lemuria. Bangsa Lemuria sendiri merupakan nenek moyang bangsa Indonesia yang kabarnya hidup 10.000 tahun silam.
  • Kaya Mineral Dan Vitamin
Manfaat pisang mas lainnya adalah sebagai sumber mineral dan vitamin. Selain itu, pisang mas juga mengandung zat besi atau Fe yang cukup tinggi. Karenanya, pisang mas cukup bermanfaat untuk menghalau penyakit anemia. Selain itu, pisang mas juga kaya akan asam folat, yakni senyawa yang dibutuhkan wanita hamil karena mudah diserap oleh janin melalui rahim.
  • Manfaat Kulit Pisang Mas Sebagai Pembersih Wajah
Selain daging buah, ternyata bagian kulit buah pisang mas juga bermanfaat. Diketahui bahwa manfaat pisang mas pada bagian kulit cukup beragam antara lain sebagai pembersih wajah. Untuk wajah, cara penggunaannya adalah dengan menggosok-gosokkan kulit dalam pisang langsung pada wajah. Setelah itu, diamkan kurang lebih sejam dan kemudian bersihkan. Lakukan langkah ini dua kali sehari, pagi dan sore.
  • Manfaat Kulit Pisang Mas Sebagai Penjernih Air
Untuk menjernihkan air, cukup kumpulkan beberapa kulit pisang mas. banyaknya tergantung pada ukuran air yang hendak Anda jernihkan. Setelah terkumpul, kulit pisang tadi Anda masukkan dalam wadah berlubang atau lebih baik lagi jika dimasukkan dalam jaring. Setelah itu masukkan wadah atau jaring ke dalam air yang ingin Anda jernihkan.

  • Manfaat Kulit Pisang Mas untuk Menjernihkan Minyak Jelantah
Manfaat pisang mas pada bagian kulit lainnya adalah untuk menjernihkan minyak jelantah. Caranya cukup mudah, kumpulkan kulit pisang mas kemudian tumbuk sampai lumat tetapi tidak perlu tertalu halus. Setelah itu, masukkan kulit pisang mas yang telah ditumbuk tadi ke dalam minyak jelantah. Biarkan hingga 2 jam lamanya. Setelah itu, Anda akan mendapati minyak jelantah Anda lebih jernih dari sebelumnya. Selamat mencoba!