Resep Pisang Goreng Keju Spesial

pisang goreng keju
Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah didapatkan di Indonesia. Persebaran pertumbuhannya hampir merata di seluruh wilayah nusantara. Pada hakekatnya pisang digolongkan ke dalam dua kelompok, pertama pisang meja atau Dessert Banana dan Plantain/Cooking Banana atau pisang olah.  Pisang meja adalah jenis pisang yang bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan ranum. Sedangkan pisang olah adalah jenis pisang yang biasanya dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu. Jenis pisang meja antara lain pisang ambon, pisang susu,pisang raja, pisang seribu, pisang Cavendish, sunripe, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan contoh pisang yang populer diolah adalah pisang kepok, pisang siam,pisang kapas, pisang tanduk, pisang uli dan lain-lain. Salah satu jenis olahan pisang yang digemari semua orang adalah pisang goreng keju. Rasanya yang nikmat dan cara mengolahnya yang mudah, membuah jenis kuliner yang satu ini digemari. Tertarik mencoba?

Bahan - Bahan

Sebenarnya, pisang goreng keju bisa dibuat hanya dengan bermodalkan pisang, terigu, keju parut dan minyak goreng. Namun, untuk rasa yang spesial, diperlukan tambahan bahan lainnya. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat pisang goreng keju spesial antara lain :
  • 12 buah pisang. Anda bebas memilih jenis pisang olah yang Anda inginkan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan pisang nangka atau pisang kapok. Pastikan kematangannya pas sehingga rasa pisang goreng keju Anda juga nikmatnya pas.
  • Tepung terigu sebanyak 250 gram, tepung beras 250 gram, ¼ sendok makan baking powder, ¼ sendok makan garam.
  • Gula pasir 175 gram, susu cair sebanyak 350 mililiter, telur ayam sebanyak 3 butir, dan minyak goreng secukupnya.
  • Siapkan keju parut dan gula bubuk, kayu manis bubuk.
Cara Membuat.

Langkah pertama adalah memisahkan kulit pisang dan dagingnya. Kemudian daging buah dibelah menjadi dua bagian secara memanjang. Selanjutnya campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, susu cair, baking powder, dan garam dalam satu wadah sampai benar-benar menyatu. Setelah itu masukkan 3 butir telur dan kembali kocok sampai menyatu. Langkah selanjutnya, panaskan minyak dan masukkan pisang yang telah dibelah tadi ke dalam adonan. Kemudian goreng dengan tingkat panas sedang. Setelah warna pisang berubah kekuningan, angkat dan tiriskan. Setelah itu sajikan pada piring.

Saran Penyajian


Setelah pisang goreng ditiriskan di piring, pastikan Anda menaburkan keju parut, gula bubuk dan kayu manis pada saat pisang goreng masih dalam keadaan panas agar cita rasanya lebih nikmat untuk disantap. Pisang goreng keju kaya akan kalori, oleh sebab itu baik dikonsumsi sebagai sarapan sebelum beraktifitas. Perhatikan pula kualitas minyak yang Anda gunakan. Jangan memakai minyak bekas penggorengan bahan lain sebab rasa pisang goreng Anda akan terpengaruh aroma minyak tersebut.