Jenis-Jenis Pisang

jenis-jenis pisang
Jenis Pisang Hias
Siapa yang tak kenal buah pisang? Rasanya yang khas dan mengenyangkan, membuat buah yang satu ini populer dikonsumsi. Pisang sejatinya berasal dari Asia Tenggara dan tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Di Indonesia, hampir seluruh daerah ditumbuhi oleh tanaman pisang. Pada hakekatnya, tanaman pisang diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis. Jenis-jenis pisang tersebut memiliki nama tersendiri berdasarkan kekhasan masing-masing. Anda pasti sudah familiar dengan jenis seperti pisang ambon, pisang nangka, pisang mas, pisang klutuk, pisang tanduk, pisang hias, pisang gepok dan lain-lainnya. Tetapi apakah Anda tahu perbedaannya?

Dari Pisang Hias Ke Pisang Buah

Secara umum, buah pisang dibagi ke dalam tiga golongan yakni pisang hias, pisang serat dan pisang buah. Pisang hias sendiri sejatinya merupakan tanaman yang ditujukan sebagai hiasan. Jenis pisang hias adalah pisang kipas dan pisang-pisangan. Sementara itu, golongan pisang lainnya adalah pisang serat. Pisang ini ditanam bukan untuk diambil buahnya melainkan untuk dimanfaatkan serat pada batangnya. Contoh pisang serat adalah pisang abaka. Golongan yang terakhir adalah pisang buah. Pisang buah inilah yang dikonsumsi oleh manusia. Jenis-jenis pisang buah, di Indonesia sendiri, mencapai 230 varian. Masing-masing memiliki ciri tersendiri.


Mengenal Pisang Serat


Nama lain dari pisang serat adalah Noe Musa textiles. Berdasarkan sejarah, pada awal abad ke-16, diketahui bahwa penduduk asli Cebu di Filipina memanfaatkan batang pisang sebagai bahan utama pakaian. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang manila juga abaka. Batangnya merupakan batang semu yang tersusun dari lapisan-lapisan serat. Tinggi maksimal batang pisang ini mencapai 7 meter. Daunnya cenderung lanset dan memiliki warna hijau sama seperti daun pisang lainnya. Jika didasarkan pada iklim, jenis pisang serat menyukai keadaan tanah yang lembab dengan curah  matahari yang lebih. Pisang serat bisa dipanen saat kuncup bunga telah terlihat.

Berkenalan Dengan Pisang Hias

Pisang hias atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Heliconia Indica Lamek memang memiliki tampilan fisik yang menarik. Ukuran pohonnya juga tidak sebesar dan setinggi pisang serat juga pisang buah. Pisang hias ini diperbanyak dengan menggunakan anakan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, jenis pisang hias ada dua yakni pisang kipas dan pisang-pisangan. Pisang kipas menyerupai kipas dan memiliki nama lain yakni pisang madagaskar. Diduga pisang ini memang berasal dari daerah Madagaskar, Afrika. Sementara itu pisang-pisangan memiliki batang semu dengan ukuran kecil dan memiliki bunga yang indah. Pisang-pisangan paling populer dijadikan penghias halaman rumah.

Varian Pisang Buah

Golongan pisang buah dibagi lagi ke dalam dua kelas yakni pisang meja atau Dessert Banana dan Plantain/Cooking Banana atau pisang olah. Pisang meja merupakan jenis pisang yang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus diolah. Konsumsi pisang ini dalam keadaan matang. Jenis-jenis pisang meja adalah pisang raja, pisang susu, pisang mas, pisang hijau, pisang ambon kuning, pisang barangan, pisang ambon lumut, pisang cavedish, pisang seribu dan masih banyak lagi lainnya

Sementara itu, pisang olah atau Cooking Banana merupakan jenis pisang yang konsumsinya harus diolah terlebih dahulu. Sebab dalam keadaan matang sekalipun, jenis pisang ini kurang nikmat untuk disantap. Jenis-jenis pisang olah antara lain pisang oli, pisang kepok, pisang nangka, pisang tanduk, pisang siam, pisang kapas, pisang bangkahulu dan masih banyak lagi lainnya.