Beragam Manfaat Daun Pisang


manfaat daun pisang
Buah pisang memang nikmat dan mengenyangkan! Kandungan kalorinya yang proporsional menjadikan ia sahabat paling baik saat diet. Tanaman pisang merupakan tumbuhan raksasa dengan daun berukuran relatif besar. Tanaman ini menghasilkan buah dengan nama yang sama yakni, pisang. Buah ini tersusun dalam tandan yang dibagi lagi dalam kelompok kecil bernama sisir. Selama ini, bagian pohon ini yang paling populer digunakan adalah buah. Meski demikian, ada sebagian masyarakat yang juga memanfaatkan bagian tanaman pisang dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bagian yang memiliki banyak manfaat adalah daun pisang. Mungkin selama ini Anda berpikir daun pisang hanya limbah. Hal tersebut salah sebab manfaat daun pisang cukup beragam. Tak percaya? Cermati uraian berikut.


Manfaat Daun Pisang Sebagai Bahan Pembungkus Kuliner

Manfaat daun pisang yang paling populer adalah sebagai pembungkus makanan atau penganan kuliner. Daun pisang mengandung polifenol dalam jumlah yang cukup banyak. Polifenol sendiri merupakan senyawa yang juga banyak ditemukan pada daun teh. Senyawa ini yang membuat daun teh memiliki aroma yang khas. Karena itu, jangan heran jika makanan yang dibungkus dengan daun pisang memiliki cita rasa yang lebih ketimbang makanan yang dibungkus dengan plastik misalnya. Adapun makanan yang sering dikemas dengan menggunakan daun pisang antara lain arem-arem, bebek betutu, bandeng presto botok, tempe, doko-doko, dadiah, burongko, nasi bungkus, tumpeng dan masih banyak lagi lainnya. Khusus untuk tempe, kabarnya dengan membungkusnya menggunakan daun pisang, tempe akan tahan jauh lebih lama ketimbang dibungkus dengan plastik biasa.

Penghalau Deman Serta Hiasan Upacara

Manfaat daun pisang lainnya adalah sebagai obat alamiah penghilang demam.  Jenis daun pisang yang digunakan adalah yang masih muda. caranya cukup mudah. Daun pisang yang masih muda atau yang biasa juga disebut pupus. Jumlahnya cukup satu pelepah saja. Selanjutnya, bersihkan daun pisang tadi dan oleskan minyak kelapa pada bagian permukaannya. Kemudian, tempelkan daun tersebut pada bagian dahi, leher perut dan juga punggung si sakit. Tunggulah beberapa waktu sampai demam menghilang. Resep ini merupakan warisan turun temurun nenek moyang kita. Meski secara medis belum dikaji tetapi berdasarkan pengalaman temurun tersebut, cara ini memang cukup ampuh mengatasi demam khususnya pada anak-anak.

Selain sebagai pembungkus makanan dan juga pengusir penyakit demam, manfaat daun pisang lainnya adalah sebagai bahan pelengkap atau hiasan pada upacara keagamaan. Daun pisang telah berabad-abad lamanya menjadi bagian dari upacara adat terutama bagi mereka yang beragama Hindu juga Budha. Daun pisang biasanya dijadikan alas untuk bahan sesaji yang akan dipersembahkan dan terkadang juga juga digunakan sebagai penutup. Beragam manfaat daun pisang ini tentu akan membuat Anda berpikir dua kali untuk membuangnya bukan?