Si Nikmat Dan Sehat: Pisang Cavendish


Pisang Cavendish
Sumber Gambar : kadi.kemendag.go.id
Semua orang tentu mengenal pisang, baik itu pohon maupun buahnya. Pisang merupakan buah dengan kandungan kalori yang cukup tinggi. Hal ini membuat ia sangat cocok dijadikan pengganti makanan pokok. Bagi mereka yang sedang diet, pisang jelas sahabat terbaik. Kalorinya pas dan akan menjauhkan Anda dari rasa lapar. Ada banyak varietas pisang. Masing-masing jenis pisang memiliki bentuk buah yang berbeda. Demikian halnya dengan karakteristik rasanya. Salah satu jenis buah pisang yang banyak dikonsumsi sebagai buah meja adalah pisang  Cavendish. Dari namanya Anda pasti mengira buah ini asli berasal dari luar negeri. Tak salah tapi juga tak mutlak benar. Memang selama ini, pisang Cavendish yang ada di supermarket merupakan buah impor. Hal ini patut disayangkan sebab jenis pisang Cavendish juga ada di Indonesia. Kita menyebutnya pisang Ambon Putih.


Berkenalan Dengan Si Cavendish

Pisang Cavendish sangat populer karena rasanya yang khas. Waranya biasanya kuning cerah. Istimewanya, pisang ini tidak mudah rusak sebab kulitnya cukup tebal. Cavendish sangat populer dijadikan buah pencuci mulut sebab praktis dan nikmat. Pisang ini banyak dikembangkan melalui kultur jaringan ketimbang anakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Pisang Cavendish yang dikembangkan melalui kultur jaringan jauh lebih tahan terhadap penyakit seperi layu moko dan juga layu panama. Pohon pisang jenis Cavendish memiliki tinggi maksimal 3 meter. Warna pohonnya hijau kehitaman. Sementara itu, daunnya memiliki warna hijau yang tua. Setiap berbuah, pohon pisang Cavendish menghasilkan tandan dengan panjang antara 60 sampai 100 cm. Setiap tandan biasanya dipenuhi 8 sampai 12 sisir. Dan tiap sisir terdapat kira-kira 12 sampai 23 buah. Cavendish ini memiliki karakter rasa yang unik sebab terdapat rasa asam yang tidak dominan dalam rasa manisnya. Warna daging buahnya putih sedikit kekuningan.

Manfaat Pisang Cavendish

Sama seperti jenis pisang lainnya, Cavendish juga mengandung sejumlah senyawa aktif yang baik untuk tubuh. Senyawa tersebut antara lain. Mencermati kandungan senyawanya yang lengkap, sangat wajar jika pisang Cavendish memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat pisang Cavendish antara lain:
  1. Sebagai sumber energi sebab kandungan karbohidrat sederhananya cukup untuk mengganjal perut. Kabarnya, para atlet mengkonsumsi pisang untuk menambah energi seketika saat sedang berkompetisi.
  2. Menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan kandungan kalium tinggi dan sangat ampuh mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan biang serangan jantung.
  3. Penyeimbang darah. Pisang Cavendish kaya akan vitamin B6 yang berperan aktif dalam pembentukan antibody dan juga hemoglobin di dalam darah. Vitamin B6 juga dikenal sebagai penyeimbang kadar gula di dalam darah kita. Jadi konsumsi Cavendish tentu menyehatkan!
  4. Melindungi sistem syaraf dan menjauhkan potensi terkena stroke.
  5. Sebagai mood booster. Sebab pisang mengandung senyawa triptofan yang berperan serotonin, zat yang bertanggungjawab atas perasaan bahagia dan rileks pada manusia.
  6. Menjaga kesehatan ginjal. Sebab kalium pada pisang Cavendish bisa mengurangi eksreksi kalsium dalam urin.
  7. Baik untuk kesehatan otak.
  8. Menenangkan perut serta meredakan rasa perih akibat luka di dalam lambung.