Cara Membuat Tepung Pisang

Cara Membuat Tepung Pisang
Siapa yang tak menyukai buah pisang? Teksturnya yang padat sekaligus lembut membuat ia banyak diminati. Belum lagi rasanya yang manis dan pas memang membuat lidah selalu merindu! Tahukah Anda, selain nikmat, buah pisang juga sehat. Dan, jangan percaya mitos yang mengatakan konsumsi pisang akan membuat kita kegemukan! Faktanya, jika Anda mengkonsumsi pisang dengan jumlah kurang dari 140 buah per hari, maka pisang justru menyehatkan. Bahkan bagi sebagian orang, pisang adalah sahabat diet yang baik! Bosan mengkonsumsi pisang dengan cara "itu-itu" saja? Mungkin ada baiknya jika Anda mencoba mengolah pisang. Salah satu rekomendasi terbaik adalah dengan meracik tepung pisang. Penasaran?

Cara Membuat Tepung Pisang

Selama ini kita familiar dengan tepung dari jagung, gandum, umbi-umbian atau juga biji-bijian. Ternyata, pisang juga tak mau kalah! Sebab, dengan sedikit usaha ia akan berubah menjadi tepung serba guna yang juga kaya akan gizi. Pada dasarnya, pembuatan tepung pisang cukup mudah. Dalam beberapa langkah sederhana, tepung pisang sudah siap untuk Anda gunakan sebagai bahan utama kuliner seperti cake, cookies, mie, roti dan masih banyak lagi lainnya.

Secara umum, semua pisang bisa Anda gunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung pisang. Tapi sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa memakai jenis pisang kepok sebab teksturnya jauh lebih padat. Beberapa orang menyukai tepung yang terbuat dari pisang yang matang, namun sebagian juga menyukai yang terbuat dari pisang matang. Semua terserah selera Anda. Baik, kita mulai membuat tepung pisang dengan mempraktekkan step demi step berikut ini:
 
 
  1. Pastikan Anda memilih pisang yang sudah cukup matang atau tua, dan yang berkualitas baik tanpa cacat apapun. Kemudian kupas kulitnya dan potong-potong hingga berukuran kecil. Gunakan pisau yang steril!
  2. Potongan pisang tadi kemudian direndam di dalam air matang bersih yang telah dicampurkan dengan sodium metabisulfait. Durasi perendaman selama kurang lebih 10 menit. Perendaman ini dilakukan dengan tujuan agar getah pada buah pisang lenyap sempurna. Sebab, jika getah masih menempel, kualitas tepung kurang maksimal.
  3. Setelah 10 menit, tiriskan potongan pisang tadi dalam sebuah wadah yang berpori.
  4. Setelah bersih dari larutan rendaman, susun pisang di sebuah wadah bersih untuk kemudian dijemur di bawah terik sinar matahari. Penjemuran kira-kira memakan waktu kurang lebih 2 hari.
  5. Setelah kering sempurna, potongan pisang tersebut kemudian digiling atau dihaluskan dengan cara ditumbuk. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan mesin penghalus beras agar hasil jauh lebih sempurna. Setelah selesai, segera kemas tepung pisang dalam wadah penyimpanan tertutup dan selanjutnya siap untuk digunakan.
Alternatif mengolah pisang menjadi tepung merupakan salah satu langkah untuk menghindari kerugian pasca panen bagi para petani pisang. Buah pisang memang merupakan salah satu jenis buah yang busuk dalam beberapa waktu. Selain itu, jumlah produksinya juga cukup melimpah dengan demikian keberadaanya jauh lebih tinggi ketimbang buah lain. Selain itu, dengan mengolahkanya menjadi tepung pisang, tentu akan menambah nilai jual buah yang satu ini. Nah, ini bisa jadi peluang usaha baru bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis. Selamat mencoba ya!