Resep Cara Membuat Pisang Molen

Cara Membuat Pisang Molen
Pisang merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari sebab rasanya memang khas dan juga mengenyangkan. Pisang memang mengandung sedikit air, akan tetapi karbohidrat sehatnya mampu mengganjal perut Anda. Istimewanya, pisang tergolong buah yang bisa didapatkan dengan mudah plus dengan harga yang tidak mencekik. Bosan mengkonsumsi pisang dengan cara "itu-itu" saja? Ada baiknya Anda mencoba olahan berbahan utama pisang. Ada banyak kok! Dan semua nikmat dan sehat jika diolah dengan benar. Salah satu yang tak boleh Anda lewatkan adalah pisang molen. Kuliner yang satu ini sering dijajakan sebab penggemarnya memang banyak. Jika Anda seorang ibu yang punya banyak waktu di dapur, tak ada salahnya meracik pisang molen spesial untuk keluarga. Berikut kami sajikan resep praktis cara membuat pisang molen yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Siapkan Bahan-bahan!

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat pisang molen tentunya mempersiapkan bahan. Apa saja bahannya? Cermati list berikut ini:


Bahan Untuk Kulit Molen:
  1. Tepung terigu sebanyak 240 gram.
  2. Gula tepung sebanyak 65 gram.
  3. Baking powder sebanyak 1 sendok teh.
  4. Telur ebanyak 1 butir, kocok lepas.
  5. Air es sebanyak 1 sendok makan.
  6. Minyak secukupnya untuk menggoreng pisang molen.
Bahan Untuk Isian:

Pisang apapun bisa dijadikan molen, tapi rekomendasi terbaik jatuh pada pisang raja atau pisang kepok. Pastikan Anda memilih yang sudah benar-benar matang. Kupas kulitnya dan potong sesuai dengan selera Anda.

Cara Membuat Pisang Molen


Setelah semua bahan-bahan lengkap, saatnya Anda membuat pisang molen yang dimulai dari adonan kulitnya terlebih dahulu. Cermati langkah demi langkah berikut ini:
  1. Pastikan Anda mengayak tepung terigu, gula halus atau gula tepung dan baking powder ke dalam sebuah wadah. Campurkan saja semuanya.
  2. Selanjutnya masukkan margarin juga telur yang telah dikocok. Aduk hingga membentuk adonan yang menyatu.
  3. Masukkan air es dan kembali uleni sampai benar-benar tercampur. Diamkan kurang lebih 15 menit.
  4. Giling adonan terigu tadi menggunakan gilingan molen atau bisa juga dengan cara manusal, hanya saja pastikan adonan kulit tidak terlalu tipis pun tebal.
  5. Setelah kulit molen jadi, Anda tinggal membungkuskannya pada pisang yang telah dipotong dan kemudian digoreng hingga kulit kecoklatan.
Sebagai rekomedasi, supaya pisang molen terasa lebih renyah, Anda bisa menambahkan jumlah butir telur pada adonan pisang molen. Dan jauh lebih baik lagi jika menggunaka telur bebek dengan kualitas prima.

Setelah pisang molen selesai digoreng, langsung sajikan untuk keluarga, bisa dengan ditaburi gula pasir halus ataukan hanya dengan teh hangat. Nikmat! Bagaimana, cara membuat pisang molen di atas sangat mudah bukan? Siapapun bisa mencobanya termasuk Anda. Jadi jangan ragu bereksperimen di dapur ya. Selamat mencoba!