Khasiat Buah Pisang

khasiat buah pisang
Pisang merupakan buah yang sangat mudah didapatkan di mana-mana. Pohonnya yang gampang tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus, membuat pisang sering dijumpai bahkan di pekarangan rumah masyarakat. Buah yang berasal dari suku Musaceae ini paling populer dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Padahal, sebenarnya buah pisang termasuk buah yang kaya akan karbohidrat. Oleh sebab itu, salah satu manfaat pisang adalah sebagai sumber energi. Selain bermanfaat, ternyata khasiat buah pisang juga baik bagi tubuh manusia.

Kandungan Buah Pisang

Sebelum membedah khasiat buah pisang, penting untuk mengurai kandungan pisang itu sendiri. Buah pisang secara umum mengandung karbohidrat, mineral terutama kalium, serat dan masih banyak lagi lainnya. Secara spesifik pula, buah pisang mengandung tiga gula alami yakni sukrosa, gruktosa dan juga glukosa. Ketiga gula sederhana inilah yang menjadi sumber energi bagi mereka yang mengkonsumsi buah pisang.

Khasiat Buah Pisang untuk Meredakan Depresi

Salah satu khasiat buah pisang adalah untuk meredakan depresi. Orang yang terserang depresi, secara klinis membaik setelah mengkonsusmsi buah pisang secara rutin. Menurut para ahli, hal ini dikarenakan kandungan senyawa Trypthan buah pisang. Trypthan sendiri merupakan sejenis protein yang oleh tubuh akan dirubah menjadi serotonin. Sedangkan serotonin, telah lama diketahui bertanggungjawab mengatur mood yang baik dalam tubuh manusia sehingga efek relaksasi akan didapatkan.

Khasiat Buah Pisang untuk Menjauhkan Penyakit Jantung

Khasiat buah pisang lainnya adalah menghalau penyakit jantung pada manusia. Pisang mengandung zat asam semut yang bersifat menetralkan asam secara alami di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi satu pisang setelah sarapan pagi setiap harinya akan mengurangi gejala kesemutan pada jantung (baca : penyakit jantung). Khasiat lainnya adalah membantu menghilangkan pegal-pegal dan juga menetralkan gula dalam darah.

Pisang Sebagai Alternatif Pengobatan Hepatitis B

Mengingat khasiat buah pisang yang cukup baik bagi tubuh, saat ini para peneliti sedang mengembangkan vaksin yang bersumber dari pisang. Vaksin alami ini ditujukan untuk menghalau Hepatitis B. Jika penelitian ini berhasil maka masyarakat akan menikmati pengobatan yang murah mengingat pisang merupakan buah yang mudah didapatkan, dengan demikian bahan baku vaksin juga tidak lagi menjadi kendala.

Khasiat Buah Pisang untuk Melawan Campak dan Cacar

Selain mengembangkan penelitian mengenai vaksin dari pisang, para peneliti juga sedang meneliti keampuhan pisang dalam melawan penyakit campak dan juga cacar air. Selama ini khasiat buah pisang melawan kedua penyakit tersebut memang telah lama diketahui dalam dunia pengobatan tradisional. Melihat hal tersebut, dunia pengobatan modern kemudian tertarik untuk membuktikan dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Selain cacar juga campak, pisang juga disinyalir mampu melawan penyakit kuning dan polio. Penyakit lain yang terbukti mampu diatasi dengan konsumsi pisang adalah tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari, secara berangsur tekanan darah akan menurun.

Masih ada banyak khasiat buah pisang lainnya, antara lain sebagai penyeimbang temperature tubuh, membantu mengurangi efek nikotin sehingga baik bagi mereka perokok akut, membantu mengontrol berat badan, menguatkan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi resiko kematian akibat stroke dan masih banyak lagi lainnya. Kuncinya adalah konsumsi yang teratur dengan jumlah yang proporsional.