Resep Praktis: Cara Membuat Sale Pisang

Cara Membuat Sale Pisang
Indonesia memiliki beragam penganan tradisional nikmat. Salah satu yang terbaik adalah Sale Pisang (kadang juga disebut Pisang Sale). Makanan yang satu ini bisa dijumpai di banyak daerah dan menjadi oleh-oleh khas yang wajib dibeli selepas melancong. Sale pisang sendiri merupakan olahan pisang yang dibuat dengan cara dikeringkan. Pada mulanya, pembuatan ini ditujukan untuk meminimalisir pisang yang terbuang percuma karena busuk mengingat pisang di Negara kita memang cukup melimpah. Namun seiring perkembangan waktu, sale pisang melebur ke dalam budaya kuliner Indonesia dan semakin digemari. Saat ini, sale pisang telah mengalami banyak inovasi dalam rasa. Penambahan unsur seperti keju dan coklat membuat sale pisang semakin nikmat. Cara membuat sale pisang ini pada dasarnya sangat mudah. Selain membeli, Anda juga bisa membuatnya dari dapur Anda.

Secara umum, ada beberapa cara membuat sale pisang, antara lain:
  1. Sale pisang yang dibuat dengan menggunakan asap, baik itu dari kayu atau belerang.
  2. Sale pisang yang dibuat dengan bantuan natrium bisulfit.
Masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pembuatan sale pisang dengan natrium bisulfit dan juga asap belerang bisa menanggulangi permasalahan yang dijumpai pada pembuatan sale secara tradisional yakni dengan asap. Dengan penggunaan natrium dan belerang, warna pisang sale lebih cerah, mikroba bisa diatasi dan perubahan warna bisa dicegah. Pembuatan secara modern ini basanya diterapkan oleh usaha sale pisang skala industri dan rumah tangga. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati pisang sale bersama keluarga, cara tradisional juga layak untuk diterapkan kok!

Cara Praktis Membuat Pisang Sale

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sale pisang antara lain:
  1. Buah pisang yang telah matang. Cermati kulitnya yang telah menguning. Jenis pisang yang baik diolah menjadi sale pisang antara lain pisang emas, pisang ambon,  dan juga pisang raja, sebab cepat busuk. Jumlahnya terserah Anda.
  2. Air bersih.
  3. Tepung terigu, margarine, gula dan garam. Bahan ini opsional, sebab sale pisang yang telah kering bisa langsung digoreng jika ingin.
  4. Bahan lainnya adalah natrium bisulfit. Ini juga opsional, Anda bisa menggunakannya atau tidak. Jika ingin, bisa dibeli di apotik. Biasanya bentuknya dalam kemasan bubuk.

Cara Membuat Sale Pisang



Pisang yang telah matang dibuka kulitnya dan dibersihkan. Keruk bagian kulit yang masih menempel pada daging pisang. Jika dibiarkan, daging pisang bisa berubah hitam. Kemudian belah 1 buah pisang menjadi dua bagian sama besar. Jika Anda menggunakan natrium bisulfit, sebelum pisang dijemur bisa direndam dengan larutan berupa campuran air dan natrium bisulfit. Lama rendaman kira-kira 10 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan selama 15 menit. Setelah itu, susun rapi dalam satu wadah misalnya tampah dan jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 5 hari.

Setelah kadar airnya berkurang, pisang sudah boleh diambil dan disimpan. Saat hendak dikonsumsi, sale pisang bisa langsung digoreng. Jika menginginkan rasa yang lebih nikmat, bisa digoreng dengan terigu. Adapun adonan terigu tersebut berupa campurang tepung terigu, tepung beras. Perbandingannya 2:1. Masukkan gula pasir, garam dan margarine secukupnya. Tambahkan juga air, pastikan tidak terlalu encer dan juga keras. Setelah siap, celupkan sale pisang dan kemudian goreng.

Cara membuat sale pisang cukup mudah bukan? Meski mudah tapi rasanya tetap mewah. Lebih nikmat lagi jika dalam keadaan panas Anda menaburkan parutan keju di atasnya. Bisa juga dengan membaluri coklat cair. Nikmat! Selamat mencoba ya.